Olimpiade Sains Kota (OSK) 2009 - Komputer , Nomor 20 - 23

Deskripsi untuk soal nomor 20 - 23

Seorang pengelana berkeliling dari satu kota ke kota lain. Kota-kota yang dapat dikunjungi adalah A, B, C, D, E, dan F. Ia menentukan aturan sebagai berikut. Jika hari ini ia berada di kota A maka besoknya ia akan pergi ke kota B atau D. Jika hari ini ia berada di kota B maka besoknya ia akan pergi ke kota D atau E. Jika hari ini ia berada di kota C maka besoknya ia pergi ke kota D atau F. Jika hari ini ia berada di kota D maka besoknya ia pergi ke kota E atau F. Jika hari ini ia berada di kota E maka besoknya ia pergi ke kota A atau C. Jika hari ini ia berada di kota F maka besoknya ia pergi ke kota B atau E.

20

Pada suatu hari ia berada di kota A, berapa hari kah yang ia perlukan paling sedikitnya agar ia dapat berada di kota A kembali dengan syarat ia harus sempat melalui C minimal satu kali?

A. 7

B. 6

C. 3

D. 8

E. 4

21

Jika ia dari A kemudian selanjutnya ia memutuskan tidak akan pernah kembali ke kota A dan tidak akan pernah pergi ke kota F, maka 5 hari kemudian di kota-kota manakah ia mungkin berada

A. E dan B

B. E dan C

C. D dan C

D. D dan E

E. B dan C

22

Pada suatu hari ia berada di kota A, 3 hari kemudian ia berada di kota-kota ini, kecuali?

A. F

B. A

C. E

D. D

E. C

23

Jika pada hari Minggu ia berada di A kemudian selanjutnya 2 hari kemudian (hari Selasa) tidak berada di F dan besoknya lagi (hari Rabu) tidak berada di C, kota manakah dari berikut ini ia tidak akan mungkin berada Hari Kamis keesokan harinya?

A. B

B. D

C. E

D. F

E. C