Bantu temanmu belajar dengan menambahkan soal di Kujawab. Klik disini..

Olimpiade Sains Kota (OSK) 2011 - Komputer , Nomor 10 - 11

Deskripsi untuk soal nomor 10 - 11

Kali ini kita akan menyelidiki permainan tradisional lempar bom sembunyi tangan. Permainan ini dimainkan oleh beberapa pemain yang membentuk lingkaran. Permainan ini dimulai dengan memberikan salah satu orang tersebut sebuah bom mainan. Bom mainan tersebut memiliki suatu angka positif. Apabila angka tersebut menjadi 0 saat dipegang salah satu pemain, maka bom tersebut akan meledak dan pemain yang saat itu sedang memegang bom tersebut dinyatakan gugur. Setiap pemain saat baru mendapatkan bom (baik saat awal permainan maupun saat diberikan temannya seperti dijelaskan di bawah) harus mengurangi angka di dalam bom tersebut dengan 1. Setelah itu, bom tersebut diberikan pada temannya yang ada di arah sesuai jarum jam. Untuk mempermudah representasinya, kita akan beri nomor pemainnya dimulai dari 1 untuk pemain yang pertama kali mendapatkan bom, 2 untuk pemain yang ada tepat di sebelahnya searah jarum jam, 3 untuk yang setelahnya di arah jarum jam dan terus sampai seluruh pemain mendapatkan nomor.

10

Apabila bom tersebut pada awalnya memiliki angka 825, maka apabila permainan dimainkan oleh 5 pemain maka pemain berapakah yang akan gugur?

a. 1

b. 5

c. 4

d. 2

e. 3

11

Apabila permainan dimainkan oleh 5 pemain, angka manakah yang apabila menjadi angka mulai bom tersebut akan membuat pemain nomor 3 gugur?

a. 5573

b. 2749

c. 9090

d. 1322

e. Tidak ada jawaban yang benar atau ada lebih dari 1 jawaban yang benar