Bantu temanmu belajar dengan menambahkan soal di Kujawab. Klik disini..

Olimpiade Sains Provinsi (OSP) 2017 - Komputer , Nomor 36 - 38

Deskripsi untuk soal nomor 36 - 38

Pak Dengklek menciptakan suatu alat musik untuk para bebek asuhannya. Alat musik itu sangat canggih karena walaupun hanya dua tombol saja (tombol A dan B), ia dapat menghasilkan sejumlah bunyi: tangtingtung,  teng, dan tong. Bunyi yang akan keluar bergantung pada bunyi apa yang tepat sebelumnya dan tombol apa yang  akan dltekan kecuali penekanan pertama seperti terlihat pada tabel di bawah:


Sebenarnya, konfigurasinya bisa diatur sedemikian rupa dengan mengubah tabel di atas, sehingga penekanan tombol-tombol dapat menghasilkan deretan bunyi yang berbeda. Tapi kali ini, para bebek malah mengaturnya seperti tabel di atas. Para bebek mendefinisikan suatu permainan musik yang benar adalah jika bunyi terakhir tong.

36

Kwik mendapat giliran memainkan alat musik tersebut, la sudah merencanakan akan melakukan sejumlah penekanan tombol: ABAAABBAAABA. Karena ia malu jika permainan musiknya dianggap tidak benar, maka ia meminta Anda untuk mendapatkan deretan suara yang akan terdengar untuk deretan penekanan tersebut.

37

Tuliskan deretan penekanan tombol yang dapat menghasilkan deretan suara ting, ting, tong, tung, teng, tang, tong, tung, tang, tong.

38

Jika tombol pertama yang ditekan adalah A, bunyi apakah yang tidak akan pernah muncul pada setiap penekanan tombol apapun berikutnya?