Bantu temanmu belajar dengan menambahkan soal di Kujawab. Klik disini..

Olimpiade Sains Kota (OSK) 2017 - Komputer , Nomor 15 - 17

Deskripsi untuk soal nomor 15 - 17

Sekolah di negeri TOKI terdiri atas jurusan MIA dan jurusan IIS. Masing-masing jurusan mengajarkan sejumlah mata pelajaran. Ada sejumlah pelajaran yang diberikan di kedua jurusan tersebut. Dengklek belajar di jurusan MIA dan Ganesh di jurusan IIS. Dengklek dan Ganesh mengikuti sejumlah pelajaran yang sama. Untuk memudahkan, kelompok pelajaran tersebut mereka namakan IBB. Setiap pelajaran di jurusan MIA atau di jurusan IIS, dikelompokkan pada kelompok yang mereka namai SMA, dimana tidak ada 2 atau lebih pelajaran yang sama di kelompok SMA. 

15

Apabila pelajaran di IIS adalah “Ekonomi”, “Geografi”, dan “Bahasa Indonesia”; sedangkan pelajaran di MIA adalah “Fisika”, “Bahasa Indonesia”, “Kimia”, dan “Biologi”; pelajaran apa saja yang ada di IBB dan SMA?

a. “Bahasa Indonesia”

b. “Fisika”

c. “Geografi”

d. “Kimia”

e. Tidak ada pelajaran yang memenuhi

16

Apabila dibuat kelompok baru bernama NEW yang terdiri dari pelajaran-pelajaran yang ada di kelompok IBB atau kelompok SMA, berapakah jumlah pelajaran yang ada di kelompok NEW?

a. Sama dengan jumlah pelajaran di kelompok IBB

b. Sama dengan jumlah pelajaran di kelompok SMA

c. Sama dengan jumlah pelajaran MIA ditambah dengan jumlah pelajaran IIS

d. Sama dengan selisih jumlah pelajaran MIA dengan jumlah pelajaran IIS

e. Nol 

17

Apabila dibuat kelompok baru bernama EXT yang berisi pelajaran MIA namun bukan pelajaran IIS, maka pelajaran-pelajaran yang merupakan gabungan dari kelompok EXT dan kelompok IBB adalah …

a. Pelajaran-pelajaran di SMA

b. Pelajaran-pelajaran di IBB

c. Pelajaran-pelajaran di IIS

d. Pelajaran-pelajaran di MIA

e. Jawaban a, b, c, dan d salah