Bantu temanmu belajar dengan menambahkan soal di Kujawab. Klik disini..

Olimpiade Sains Provinsi (OSP) 2018 - Komputer , Nomor 30 - 31

Deskripsi untuk soal nomor 30 - 31

Untuk menghilangkan penat, Pak Blangkon sering sekali jalan-jalan ke pekarangan di belakang rumahnya. Pekarangannya berukuran 7x8 petak yang di dalamnya terdapat N buah pohon. Saat berada di posisi tertentu Pak Blangkon menyadari bahwa hanya beberapa pohon saja yang bisa terlihat pada delapan arah mata angin, karena pohon tertentu berada tepat di belakang pohon lainnya saat pandangan tertuju pada arah tertentu. Jika dilihat dari atas dalam koordinat dua dimensi, Pak Blangkon ada di posisi B sedangkan pohon-pohonnya ada di posisi P. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas, dari 10 pohon hanya 4 pohon yang bisa dilihat secara langsung oleh Pak Blangkon pada delapan arah mata angin, sedangkan pohon-pohon lainnya terhalang oleh pohon di depannya.

30

Jika susunan pohon dalam pekarangan Pak Blangkon adalah sebagai berikut:

Ada berapa kemungkinan posisi Pak Blangkon harus berdiri supaya jumlah pohon yang bisa dilihatnya semaksimal mungkin?

Jawaban: ……………. {tuliskan jawaban dalam bentuk angka saja}

31

Diketahui susunan pohon dalam pekarangan Pak Blangkon adalah sebagai berikut:

Pak Dengklek bertamu ke rumah Pak Blangkon dan diajak berkeliling di pekarangannya. Karena Pak Dengklek benci pohon, ada berapa kemungkinan posisi Pak Blangkon harus berdiri bersama Pak Dengklek supaya jumlah pohon yang bisa dilihat seminimal mungkin?

Jawaban: ……………. {tuliskan jawaban dalam bentuk angka saja}