Bantu temanmu belajar dengan menambahkan soal di Kujawab. Klik disini..

Olimpiade Sains Provinsi (OSP) 2013 - Komputer , Nomor 22 - 23

Deskripsi untuk soal nomor 22 - 23

Terdapat N kota dengan N nama berbeda. Setiap kota memiliki populasi penduduk masing-masing. Pemerintah negara tersebut pusing karena terdapat terlalu banyak kota. Pemerintah tersebut berencana menggabungkan kota-kota tersebut hingga hanya tersisa satu kota. Caranya begini. Selama masih ada 2 kota atau lebih, pemerintah memilih 2 kota sesuka dia, kemudian menggabungkan kedua kota tersebut. Nama kota yang baru tersebut ialah nama salah satu kota dari kedua kota asalnya yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak. Apabila jumlah penduduknya sama, namanya boleh yang mana saja. Tugas Anda pada soal ini ialah menghitung ada berapa nama kota berbeda dari kota terakhir yang mungkin terjadi dengan asumsi pemerintahnya memilih kedua kota tersebut secara acak?

22

Misalkan N = 8, dan jumlah penduduk masing-masing kota adalah 2, 50, 24, 21, 1, 9, 15, dan 5 orang. Setelah seluruh kota berhasil digabung menjadi 1 kota, ada berapa nama kota berbeda dari kota yang mungkin?

23

Misalkan N = 100, dan tiap kota diberi nomor 1 sampai 100. Jumlah penduduk di kota i adalah i*i. Ada berapa nama kota berbeda dari kota yang mungkin?