Bantu temanmu belajar dengan menambahkan soal di Kujawab. Klik disini..

Olimpiade Sains Provinsi (OSP) 2018 - Komputer , Nomor 20 - 21

Deskripsi untuk soal nomor 20 - 21

Pak Dengklek mempunyai suatu lantai berukuran N * N petak, yang mana nilai N selalu genap. Terdapat ((N * N / 2) - 1) tegel berukuran 1 x 2 untuk dipasangkan ke lantai tersebut. Pak Dengklek ingin memilih dua petak pada lantai yang tidak akan dipasang tegel untuk dicat dengan warna merah, dan menutupi petak sisanya dengan tegel-tegel tersebut. Berikut adalah beberapa contoh dari pemasangan tegel pada N = 4, dengan banyaknya tegel adalah 7.

Pada ketiga gambar diatas, terdapat 7 tegel yang dinomori dari 1 - 7, dan petak yang tidak dipasang tegel ditandai dengan warna merah. Suatu konfigurasi disebut menarik apabila terdapat minimal satu cara untuk meletakkan seluruh tegel tanpa keluar dari lantai maupun kedua petak berwarna merah. Pada gambar diatas, konfigurasi A, B, maupun C merupakan konfigurasi yang menarik.

Suatu konfigurasi menarik X disebut berbeda dengan suatu konfigurasi menarik Y apabila posisi petak berwarna merah berbeda. Pada gambar diatas, konfigurasi A sama dengan konfigurasi B, akan tetapi konfigurasi C berbeda dengan konfigurasi A maupun B.

20

Apabila diketahui N = 2, berapa banyak konfigurasi menarik yang berbeda?

Jawaban: ……………. {tuliskan jawaban dalam bentuk angka saja}

21

Apabila diketahui N = 10, berapa banyak konfigurasi menarik yang berbeda?

Jawaban: ……………. {tuliskan jawaban dalam bentuk angka saja}